Realitasonline.id| Buat kamu yang ingin jadi pebisnis, konsep bisnis yang cerdas dari Mixue bisa kamu tiru untuk mengembangkan bisnismu sekaligus meraup kuntungan lebih besar.
Mixue telah mengubah mindset kita tentang konsep bisnis bahwa keuntungan ternyata tidak harus berasal dari menjual produk jadi.
Mixue seolah ingin membuka cakrawala berpikir kita tentang konsep bisnis bahwa dengan memiliki ide jual yang lebih kreatif, ternyata kita bisa membuka peluang baru untuk mencapai tujuan bisnis yang kita inginkan.
Tercatat kini ada lebih dari 20 ribu cabang Mixue yang tersebar di seluruh dunia. Cabang-cabang Mixue rata-rata selalu ramai dibanjiri pelanggan, bahkan sering kali para pembeli rela mengantre panjang.
Apa sebenarnya yang membuat Mixue, brand es krim yang terlihat lebih unggul dibanding para kompetitornya?
1. Rasa Enak, Harga Terjangkau
Pelanggan produk Mixue pasti tahu kalau harga produk Mixue lebih terjangkau dibanding para pesaingnya. Dengan harga yang sangat terjangkau, kita bisa menikmati es krim lezat Mixue dengan porsi besar.
Lalu bagaimana bisa Mixue mendapat banyak keuntungan dengan mematok harga yang relatif terjangkau di setiap produknya?
Apa rahasianya? Ternyata, selain menjual es krim dengan harga terjangkau, Mixue punya strategi bisnis jitu yang selangkah lebih maju dibanding para kompetitornya.
2. Supply Chain Business Model
Selama ini kita mengira kalau Mixue adalah perusahaan franchise, karena punya banyak gerai dengan branding dan menu yang sama.
Tapi Mixue sama sekali tidak mengandalkan sistem franchise untuk berkembang. Business model Mixue sudah beralih dari F&B company menjadi supply chain company. Apa perbedaannya?
F&B company umumnya menitikberatkan fokus mereka pada penjualan produk. Sementara itu, supply chain company berfokus pada penjualan bahan dan alat yang digunakan untuk produksi.
Mixue berusaha memperbanyak cabang agar semakin banyak pemilik gerai yang membeli bahan baku dan mesin yang sama.