Realitasonline.id | Pengalaman pelanggan menjadi salah satu yang mempengaruhi impresi pelanggan saat berinteraksi dengan bisnis. Impresi yang positif dapat membangun hubungan pelanggan dengan lebih cepat, bahkan dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas.
Untuk menciptakan pengalaman serta impresi yang positif, tentu bisnis harus selalu memperhatikan kualitas pelayanan serta produk. Bisnis perlu memikirkan strategi yang tepat untuk terus mempertahankan persepsi tersebut dan membuat pelanggan terkesan.
Dalam artikel ini, kamu akan menemukan alasan pentingnya pengalaman di era digital. Temukan juga bagaimana strategi untuk menciptakan pengalaman pelanggan tersebut.
Mengapa Pengalaman Pelanggan Penting di Era Digital?
Di era digital, persaingan bisnis untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang berkesan semakin ketat.
Pengalaman pelanggan bukan lagi sekadar "nice-to-have" melainkan sesuatu yang dapat menentukan sikap pelanggan terhadap brand.
Selain itu, pengalaman ini juga diciptakan mengikuti ekspektasi pelanggan. Di era ini, pelanggan mengharapkan pengalaman berbelanja yang efisien.
Karena informasi yang menyebar dengan cepat, dan mudah diakses, membuat pelanggan lebih cerdas dalam memilih produk.
Selain itu, pengalaman pelanggan yang berkesan juga dapat membangun loyalitas pada pelanggan. Hal ini tentu akan lebih menguntungkan dibandingkan harus terus-menerus mencari pelanggan baru.
5 Strategi Menciptakan Pengalaman Pelanggan yang Berkesan
Mengembangkan pengalaman pelanggan yang berkesan tidak akan berhenti hanya pada saat pelanggan merasa puas.
Melainkan, bisnis juga harus memikirkan bagaimana caranya dapat melampaui ekspektasi pelanggan dan membuatnya mau bertahan untuk menggunakan produk kamu dalam waktu yang lama.
Berikut ini lima strategi menciptakan pengalaman yang berkesan.
1. Memahami Pelanggan Melalui Pendekatan yang Personal
Untuk memulai menciptakan pengalaman, serta memenuhi ekspektasi pelanggan, bisnis harus terlebih dahulu memahami mereka.