Realitasonline.id - Jakarta | Menteri ATR BPN Nusron Wahid lantik sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) di lingkungan Kementerian ATR BPN yang berlangsung di Aula Prona, Kantor Pusat ATR/BPN Jakarta, Rabu (23/7/2025) lalu.
Menteri Nusron menjelaskan sekitar 80 persen peran instansi ini berkaitan langsung dengan pelayanan publik. Untuk itu, pelayanan kepada masyarakat merupakan inti dari tugas pokok Kementerian ATR/BPN.
“ Tugas pokok kita di ATR/BPN ini 80 persen intinya ada di pelayanan atau services government. Maka kata kunci suksesnya ada dua, pertama adalah sistem yang efisien yang memudahkan layanan, kemudian kedua adalah Sumber Daya Manusia (SDM), ” tegas Nusron Wahid.
Baca Juga: ATR BPN Perkuat Peran Humas dan Layanan Pengaduan
Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya reformasi sistem pelayanan berbasis teknologi dan penguatan kapasitas aparatur agar masyarakat dapat merasakan kehadiran negara dalam urusan pertanahan dan tata ruang.
Pelantikan ini juga menjadi bagian dari penyegaran organisasi sekaligus upaya mempercepat pelaksanaan agenda strategis nasional di sektor pertanahan, termasuk reforma agraria dan digitalisasi layanan pertanahan.
Baca Juga: 5 Pilar Komunikasi, Kantah Padangsidimpuan Siap Laksanakan
Menteri Nusron berharap para pejabat yang dilantik dapat bekerja dengan integritas, responsif terhadap kebutuhan masyarakat, serta mampu menghadirkan birokrasi yang lebih profesional dan adaptif.
“ Kita harus hadir sebagai solusi, bukan sekadar pelaksana tugas administratif. Semua harus dilandasi dengan semangat pelayanan dan keberpihakan kepada masyarakat, ” pungkasnya.(RI)