Realitasonline.id| JAKARTA – Salah satu UMKM binaan Rumah BUMN (RB) BRI yakni MINIMIZU ikut berpartisipasi menampilkan keunikan produknya di Kriyanusa, pameran kerajinan dan seni kriya yang dihelat pada 28 Agustus hingga 1 September 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).
Brand di bidang seni kreatif yang berasal dari Ciputat Tangerang Selatan ini digagas oleh pasangan suami istri Bernama Agri dan Irna.
Saat diwawancarai pada pameran, Irna menjelaskan bahwa MINIMIZU didirikan sejak 2020 yang bermula dari hobi sang suami.
Baca Juga: Peringati Hari Pelanggan Nasional BRI Branch Office Medan Sisingamangaraja Bagi-Bagi Cokelat
MINIMIZU sendiri produknya spesifik ke natural decoration atau home dekor yang semuanya serba natural, ujarnya.
Terdapat beberapa macam produk, seperti aquascape, paludarium, terrarium, dan moss art.
UMKM ini memproduksi produk unik yang menyediakan berbagai macam bentuk model dan design sesuai permintaan konsumen.
Dijual secara offline dan online, MINIMIZU memiliki sistem pre-order, yang dikerjakan selama 5 hari hingga empat minggu tergantung volume dan tingkat kerumitan produk.
Baca Juga: BRI Optimalkan AI untuk Pelayanan yang Responsif dan Personal, Rayakan Hari Pelanggan Nasional 2024
Pasangan suami istri ini juga memberdayakan sebanyak empat karyawan di rumahnya untuk membantu proses produksi.
Adapun produk yang paling unik, yakni paludarium yang merupakan gabungan antara air dengan darat, menampilkan hiasan setengah air dan di atasnya terdapat tanaman darat.
Irna pun bercerita, awal mula usahanya bergabung dengan Rumah BUMN BRI yakni melalui program inkubator bisnis bernama BRInkubator.
Program ini merupakan pengembangan bagi pelaku UMKM yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha. MINIMIZU mendaftar dan mengikuti programnya pada tahun lalu, hingga berhasil menjuarai di Peringkat 1 di BRInkubator.
Ia melanjutkan, selama masa inkubasi yang memakan waktu satu bulan, UMKM diberikan pelatihan-pelatihan dan serangkaian test. Sejak saat itu, MINIMIZU mulai dikenal luas di pasaran karena BRI turut aktif mempromosikan produknya.
Omzet yang dihasilkan pun mencapai puluhan juta dalam satu bulan.