Realitasonline.id - Chery OMODA 5 GT merupakan mobil agresif, diperas performanya.
Kalau kamu injak gas dalam, respons mesin langsung terasa.
Tarikan dari bawah cukup galak, nggak terlalu “pasrah”, jadi ketika kamu mau ngebut mobil ini nggak kayak ngos-ngosan dulu lama.
Transmisinya juga cukup gesit, gigi naik turunnya cepat dan nggak banyak delay — ngebut jadi lebih menyenangkan.
Di tikungan, mobil ini cukup stabil untuk ukuran SUV kompak. K
amu bisa merasakan mobil masih punya pegangan yang bagus, enggak mudah limbung meskipun kamu belok agak agresif.
Saat jalanan kurang mulus atau bergelombang, suspensinya cukup bisa menyerap, jadi guncangannya tidak langsung membuat pengendara dan penumpang drop banget.
Kemudi terasa responsif ketika kamu belok, mobil nggak lamban merespon arah, tapi juga tidak terlalu “keras” hingga menyiksa.
Jadi keseimbangan antara kenyamanan dan kemantapan dalam handling terasa cukup baik.
Interior dan ergonominya juga mendukung kalau kamu mau “memaksa” mobil lewat jalur agak ekstrem: posisi duduk yang pas, kendali mudah dijangkau, visibilitas cukup baik semua itu membuat kamu punya kepercayaan diri lebih ketika ingin memacu mobil.
Tapi tetap ada batasnya: jika terus-terusan dipaksa keras, konsumsi bahan bakar akan melonjak tajam.
Di kondisi ekstrem (aspal buruk, jalan rusak), batas kenyamanan akan terasa misalnya guncangan, suara, getaran bisa mulai terasa lebih intens.
Dan untuk SUV, saat dipaksa ekstrem handlingnya akan kalah dibanding mobil sport atau sedan ringan.
Jadi intinya: Chery OMODA 5 GT kalau “dijambak” terasa agresif dan memuaskan di kelasnya, dengan keseimbangan cukup baik antara performa dan kenyamanan tapi nggak akan sakti di segala medan.