Realitasonline.id | Bagi pecinta otomotif, suara “ngiiing” dari turbo saat akselerasi terasa memuaskan. Tapi di balik itu ada mekanisme rumit yang bekerja cepat.
Suara itu muncul saat udara bertekanan tinggi melewati bilah turbin, hasil dari kerja turbo yang berputar hingga ratusan ribu RPM.
Namun jika suara siulan berubah jadi kasar atau terdengar berlebihan, bisa jadi ada kebocoran pada sistem pipa atau bearing aus.
Baca Juga: Pemkab Deli Serdang Punya Jurus ini untuk Tekan Harga Cabai dan Stabilkan Inflasi
Turbocharger modern dilengkapi sensor tekanan dan suhu agar performanya tetap stabil sekaligus mencegah kerusakan dini.
Menjaga turbo tetap sehat perlu oli berkualitas tinggi dan pendinginan optimal setelah pemakaian berat di jalan tol atau tanjakan.
Jadi, suara turbo memang keren—asal tahu batasnya. Antara performa puncak dan tanda bahaya, bedanya hanya di telinga yang peka (EF).