HUMBAHAS - realitasonline.id | Pelaku wisata, potografer, petugas kebersihan serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan pelaku usaha Desa Pearung, yang dikoordinir oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten (Disparpora) Humbahas menyatukan persepsi, pemahaman dan strategi guna penguatan dan pengembangan objek wisata Sipinsur.
Harapan Sibarani, Kabid Pariwisata dan Kebudayaan, mengatakan untuk peningkatan pelayanan di lokasi wisata Sipinsur dibutuhkan penyatuan persepsi, pemahaman dan strategi, sehingga semua stakeholder pariwisata bisa bersinergi.
“Kedepan, pengembangan dan penataan elemen wisata di Sipinsur diharapkan akan lebih baik lagi. Artinya, roh wisata di Sipinsur itu akan melekat bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Itulah proyeksi yang diharapkan, tentunya ekonomi masyarakat diseputaran Sipinsur juga akan meningkat,” katanya di Open Stage Sipinsur, Selasa (7/6).
Camat Paranginan, Parlin Siahaan, mengapresiasi adanya penyatuan persepsi tadi dan berharap agar para pelaku usaha pariwisata, khususnya usaha kuliner, meningkatkan mutu (rasa) makanan yang dijual. “Mari kita jaga mutu produk, kebersihan dan kenyamanan lokasi Sipinsur ini. Bersama kita jauhkan narkoba dari tempat ini,” ujar Parlin.
Kepala Desa Pearung, Hisar B Siregar, juga berharap agar Pemerintah Desa Pearung tetap dilibatkan dalam hal kebersihan lokasi Sipinsur. “Pelaku usaha pariwisata Sipinsur harus tetap menjaga kebersihan, keamanan, keramahan dan mutu produk. Jangan kecewakan wisatawan dengan sajian asal asalan,” tukasnya.
Jakkon Halomoan Marbun SE MM, Kadis Parpora memaparkan bagaimana memberikan Pelayanan Yang Baik Menuju Humbang Hasundutan Maju dan Bermentalitas Unggul pada sektor dan pelaku wisata. “Potensi pariwisata sangat berdampak terhadap kehidupan masyarakat. Mengenai Hak dan kewajiban para pelaku usaha, potografer dan petugas kebersihan Sipinsur semua sudah tertata. Sadar Wisata dan Sapta Pesona harus diterapkan di seluruh lokasi wisata, khususnya di Sipinsur. Seluruh stakeholder harus saling membantu untuk pembangunan kepariwisataan di Sipinsur ini,” Pungkas, mantan Kadispora ini.
Antusiasme tadi justru disepakati peserta untuk meningkatkan mutu pelayanan dan mutu produk serta akan menerapkan Sapta Pesona di lokasi Wisata Sipinsur.