Realitasonline.id - Tangerang | Wamen ATR BPN Ossy Dermawan melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Tangerang, Rabu (23/7/2025) lalu.
Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau langsung implementasi inovasi layanan pertanahan yang tengah dikembangkan Kantah Kota Tangerang.
Sekaligus menjadi bagian dari evaluasi berkelanjutan terhadap upaya reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas layanan di lingkungan Kementerian ATR/BPN.
Baca Juga: Lantik Pejabat Eselon II, Menteri Nusron Wahid Tekankan 80 Persen Tugas ATR BPN Pelayanan
Dalam kunjungan tersebut, Wamen Ossy mengapresiasi dua inovasi unggulan yang diperkenalkan oleh Kantah Kota Tangerang, yakni layanan Drive Thru dan Kantor Pertanahan Virtual.
Kedua inovasi ini dinilai mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mengakses layanan pertanahan, tanpa harus antre lama ataupun datang langsung ke kantor.
Baca Juga: ATR BPN Perkuat Peran Humas dan Layanan Pengaduan
“Ada dua inovasi yang dilakukan oleh Kantah Kota Tangerang ini, yaitu layanan Drive Thru dan layanan Kantor Pertanahan Virtual. Alhamdulillah betul-betul menyentuh dan juga mendapatkan apresiasi masyarakat, ” ungkap Ossy Dermawan.
Menurutnya, layanan Drive Thru memungkinkan pemohon layanan pertanahan menyerahkan dan mengambil dokumen dari kendaraan tanpa harus turun, sehingga proses menjadi lebih cepat dan efisien.
Baca Juga: 5 Pilar Komunikasi, Kantah Padangsidimpuan Siap Laksanakan
" Sementara Kantah Virtual menyediakan akses layanan secara daring (online), yang memudahkan masyarakat untuk berinteraksi dan melakukan konsultasi dari mana saja, " katanya.
Wamen Ossy berharap inovasi ini bisa menjadi percontohan bagi kantor-kantor pertanahan lainnya di Indonesia.
“Inovasi semacam ini perlu terus didorong dan direplikasi di berbagai daerah. Ini merupakan wujud nyata transformasi layanan publik yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat, ” tambahnya.(RI)