Realitasonline.id | Remaja yang menggunakan media sosial rentan terhadap gejala depresi dan beberapa platform, seperti TikTok, Instagram, dan YouTube, mungkin dikaitkan dengan tingkat depresi yang lebih tinggi dibandingkan platform lain
Hal ini diungkapkan menurut penelitian para peneliti dari West Virginia University atau biasa dikenal WVU.
Amy Gentzler, profesor psikologi di WVU Eberly College of Arts and Sciences, serta mahasiswa pascasarjana Jacob Alderson, Jeff Hughes, dan Matty Johnston, menerbitkan artikel dari studi yang didanai National Institutes of Health tentang bagaimana remaja menggunakan media sosial dan caranya platform tertentu berhubungan dengan gejala depresi. Mereka mempertimbangkan atribut seperti gender, kepribadian, dan harga diri.
Meskipun penelitian telah mengamati dampak media sosial terhadap kesehatan mental remaja secara keseluruhan, Gentzler ingin melihat bagaimana setiap individu terkena dampak yang berbeda-beda.
“Tujuannya adalah untuk mempertimbangkan individu lebih dari penelitian yang telah dilakukan di masa lalu,” katanya.
“Senang rasanya melihat anak remaja Anda dan bertanya, 'Siapakah mereka secara pribadi? Bagaimana hal ini memengaruhi cara mereka menavigasi aplikasi ini?’ Menurut saya, ini adalah pertanyaan yang jauh lebih menarik bagi seorang peneliti, dan juga lebih penting untuk dipertimbangkan oleh orang tua dan pendidik.” lanjutnyaa
Penelitian Gentzler mengungkapkan kepribadian subjek khususnya tingkat extraversion dapat menentukan bagaimana mereka menggunakan media sosial.
Temuan menunjukkan remaja dengan tingkat ekstraversi lebih tinggi yang sering menggunakan Instagram mungkin tidak mengalami depresi, sedangkan remaja dengan tingkat ekstraversi rendah dan rata-rata mungkin berisiko mengalami gejala depresi yang lebih besar.
“Saat kami memikirkan tentang kepribadian dan media sosial, kami memikirkan tentang bagaimana watak umum Anda memengaruhi cara Anda bernavigasi dan berinteraksi dengan platform ini,” jelasnya.
Baca Juga: Self Sabotage: 5 Tanda Kamu Ngerusak Diri Kamu Sendiri, Nomor Berapa yang Paling Sering Kamu Lakuin?
Ia juga menambahkan bahwa platform media sosial menggunakan algoritme prediktif untuk mencocokkan konten yang dilihat pengguna. kepribadian dan minat mereka. yang fokus pada peran kepribadian dalam penelitian ini.