nusantara

Menganalisis Strategi Mempertahankan Bisnis Waralaba Produk Mixue, Tips untuk Pelaku Bisnis Es Krim

Selasa, 26 Maret 2024 | 18:18 WIB
Strategi mempertahankan bisnis waralaba produk Mixue. (Relitasonline.id/Dokumen)

Realitasonline.id| Bisnis waralaba adalah bisnis favorit di Indonesia. Waralaba menjadi salah satu solusi bisnis yang sangat menarik dan sudah berkembang pesat di Indonesia.

Ini terlihat dari jumlah pelaku bisnis waralaba yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dampaknya ke pertumbuhan ekonomi di Indonesia juga sangat baik.

Karena tak dipungkiri, sektor bisnis waralaba merupakan sektor bisnis yang potensial dalam meningkatkan perekonomian dan menyerap tenaga kerja di Indonesia.

Baca Juga: Tertarik Jalankan Bisnis Waralaba Mixue, Simak Tips Konsep AIDAS dalam Pemasaran Es Krim

Contohnya saja bisnis waralaba McDonald's, KFC, Starbucks, Pizza Hut, dan Es Teller 77. Es krim Mixue, salah satu bisnis waralaba asal Tiongkok yang pertumbuhannya juga sangat cepat di Indonesia.

Mengingat bisnis waralaba Mixue sangat laris manis, banyak pelaku bisnis melirik untuk membuka gerai es krim ini. Di sisi lain banyak pula yang melakukan ekspansi dengan menambah lebih dari satu gerai di berbagai kota.

Strategi Waralaba

Di tengah persaingan bisnis waralaba yang semakin ketat, strategi waralaba harus dimiliki seorang pelaku bisnis.

Mengutip Tjiptono dan Chandra (2017) bahwa strategi yang baik dan benar untuk mempertahankan suatu produk yaitu dengan peningkatan business value dan strategi pemasaran menjadi salah satu bentuk strategi yang berorientasi pada penciptaan customer value.

Baca Juga: Ingin Memulai Bisnis Waralaba Es Krim Mixue? Simak Syarat Daftar Franchise lengkap dengan Kisaran Gaji Karyawannya!

Untuk mempertahankan bisnis waralaba, seorang pelaku bisnis harus fokus kepada strategi. Karena salah satu kunci keberhasilan bisnis adalah strategi.

Artinya, perusahaan yang dimiliki pelaku bisnis harus memilih target pasar tertentu dan fokus untuk melayani kebutuhan pelanggan serta meningkatkan kemampuan dan selalu berusaha mencari cara agar sulit ditiru pesaing sehingga perusahaan bersaing dengan efektif.

Strategi waralaba, salah satu alternatif strategi pertumbuhan yang dapat berhasil apabila didukung oleh manajemen dan tim konsumen yang memiliki komitmen untuk dapat memperluas jaringan program franchise.

Dalam konteks bisnis waralaba es krim, ayo kita menganalisis strategi mempertahankan poduk mixue di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, Mixue merupakan perusahaan waralaba yang menjual es krim sajian lembut dan minuman teh berasal dari Zhengzhou Henan Tiongkok.

Halaman:

Tags

Terkini

ATR/BPN Permudah Masyarakat Cek PPAT Digital

Jumat, 19 Desember 2025 | 19:17 WIB