Realitasonline.id | Menemukan bengkel Vespa yang benar-benar mengerti jiwa skuter klasik di Sumatera Barat bukanlah hal mudah, apalagi bagi pemilik baru.
Di sudut Padang, ada bengkel kecil bernama Uniang Vespa yang sering direkomendasikan oleh komunitas karena ketelatenan mekaniknya.
Saya pernah membawa Vespa PX ke sana, dan servis karburator yang saya kira rumit ternyata dikerjakan dengan sabar dan rapi.
Uniang punya stok onderdil langka, bahkan baut-baut orisinal yang membuat Vespa saya tampak kembali ke masa jayanya.
Di Bukittinggi, Vespa Garage sering jadi tempat nongkrong anak-anak komunitas, bukan sekadar tempat servis tapi ruang berbagi cerita.
Bengkel ini punya teknisi muda yang paham selera modifikasi Vespa, dari gaya retro sampai racing style dengan aksen Eropa.
Baca Juga: BRI Sabet 3 Penghargaan Internasional dari The Asset di Hong Kong
Di Solok, ada bengkel bernama Mbah Vespa yang mengandalkan pengalaman puluhan tahun merawat mesin 2-tak hingga awet dan kuat.
Saya sempat mengobrol dengan sang pemilik; katanya, "Vespa itu bukan motor, tapi teman hidup yang harus disayang."
Di Payakumbuh, Vespa Ganesha punya spesialisasi pengecatan ulang bodi. Hasil catnya halus, tahan cuaca, dan berkesan elegan.
Bengkel terakhir ada di Painan, tempat ini sering disebut “rumah sakit Vespa” karena bisa menyembuhkan mesin yang nyaris mati (EF).