Digitalisasi Layanan, ATR BPN Diganjar Apresiasi 2025

photo author
- Minggu, 23 November 2025 | 09:40 WIB
Kepala Biro Humas dan Protokol ATR BPN Shamy Ardian mewakili Menteri ATR BPN menerima penghargaan untuk Kategori Inovasi Teknologi dan Layanan Publik. (Realitasonline.id/Dok)
Kepala Biro Humas dan Protokol ATR BPN Shamy Ardian mewakili Menteri ATR BPN menerima penghargaan untuk Kategori Inovasi Teknologi dan Layanan Publik. (Realitasonline.id/Dok)

Realitasonline.id - Jakarta | Kementerian ATR BPN raih penghargaan untuk Kategori Inovasi Teknologi dan Layanan Publik pada ajang Apresiasi BeritaSatu 2025 yang diselenggarakan oleh B-Universe Kementerian ATR/BPN, Kamis (20/11/2025).

Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Biro Humas dan Protokol ATR/BPN, Shamy Ardian yang mewakili Menteri ATR BPN, dihadiri sejumlah pejabat tinggi negara, antara lain Menko PMK Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, serta Menteri ESDM Bahlil Lahadalia.

Penghargaan juga diberikan kepada Kepala Daerah serta perwakilan sektor swasta yang dinilai berhasil menghadirkan inovasi layanan publik di wilayah masing-masing.

Baca Juga: GMKI Dukung Persembahan Natal Nasional 2025 Untuk Kemanusiaan Palestina

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Biro Humas dan Protokol ATR/BPN, Shamy Ardian, menyampaikan, ATR/BPN kembali menunjukkan komitmennya dalam melakukan transformasi layanan publik.

Menurutnya, raihan ini merupakan buah dari berbagai langkah pembenahan dan digitalisasi layanan yang terus dilakukan kementerian.

" Selama ini kami banyak melakukan transformasi, khususnya dalam proses bisnis dan layanan. Semua ini kami kembangkan dengan memanfaatkan teknologi informasi, yang tujuannya hanya satu, yaitu memberikan kemudahan akses langsung kepada masyarakat agar bisa menerima dan merasakan manfaat dari layanan pertanahan, ” ujar Shamy usai menerima penghargaan.

Salah satu inovasi yang menjadi sorotan publik adalah Aplikasi Sentuh Tanahku, sebuah layanan digital yang memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai keperluan pertanahan.

Baca Juga: Serahkan 10 Sertifikat Rumah Ibadah di Papua, Menteri Nusron Tegaskan Pemerintah Komit

Melalui aplikasi tersebut, masyarakat dapat mengajukan berkas permohonan, memantau progres penyelesaian, hingga mengakses dokumen pertanahan elektronik, termasuk Sertifikat Elektronik.

Shamy menegaskan, digitalisasi layanan menjadi strategi utama Kementerian ATR/BPN. Dengan semakin banyaknya layanan yang dialihkan ke sistem elektronik, masyarakat tidak lagi harus datang langsung ke Kantor Pertanahan (Kantah)untuk mengurus administrasi.

“ Kami berbahagia karena kerja keras teman-teman membuahkan hasil. Penghargaan dari B-Universe ini menjadi penyemangat bagi kami untuk berbuat lebih banyak dan lebih baik dalam memberikan kemudahan layanan pertanahan bagi masyarakat Indonesia, ” tambahnya.

Baca Juga: Tunggakan Layanan Pertanahan Turun 18 Ribu, ATR BPN Genjot Akselerasi

Pada kesempatan yang sama, Komisaris Utama B-Universe, Enggartiasto Lukita, menyampaikan apresiasi kepada seluruh penerima penghargaan.

Ia menilai inovasi yang ditampilkan berbagai kementerian dan lembaga sejalan dengan arahan Presiden Prabowo Subianto dalam memperkuat reformasi birokrasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Ayu Kesuma Ningtyas

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

ATR/BPN Permudah Masyarakat Cek PPAT Digital

Jumat, 19 Desember 2025 | 19:17 WIB

ATR/BPN Pertahankan Predikat Informatif di 2025

Rabu, 17 Desember 2025 | 22:15 WIB
X