INALUM Tingkatkan Kapasitas Bank Sampah dan Pokdarwis Kuala Tanjung lewat Pelatihan Literasi Keuangan dan Pelayanan Prima

photo author
- Selasa, 19 Agustus 2025 | 13:58 WIB
INALUM Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Komunitas: Literasi Keuangan dan Pelayanan Prima untuk Pengurus Bank Sampah dan Pokdarwis
INALUM Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Komunitas: Literasi Keuangan dan Pelayanan Prima untuk Pengurus Bank Sampah dan Pokdarwis

Realitasonline.id - Batu Bara | PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung kemandirian masyarakat melalui program terintegrasi “Hikayat Si Kuta”. Pada Agustus 2025, INALUM menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas: Literasi Keuangan dan Pelayanan Prima di Aula Kuta View, Desa Kuala Tanjung.

Kegiatan ini diikuti oleh dua kelompok binaan INALUM, yakni Bank Sampah Berseri dan Wisata Kuta View. Pelatihan mengusung tema “Membangun Profesionalisme Usaha Melalui Keuangan yang Sehat dan Pelayanan yang Prima”. Program ini selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 8 tentang pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

Kepala Desa Kuala Tanjung, Ibnul Fandika, menyampaikan apresiasinya atas inisiatif ini. Ia berharap para pengurus komunitas mampu mengelola keuangan secara transparan dan memberi pelayanan terbaik.

 

Baca Juga: INALUM Dukung Patroli SMART di Gunung Leuser untuk Lindungi Orangutan Sumatra

 

“Memulai usaha itu sulit, tetapi mempertahankan usaha jauh lebih sulit. Melalui pelatihan ini, kami berharap Bank Sampah Berseri dan Wisata Kuta View semakin profesional dalam menjalankan usaha,” ujarnya melalui humas inalum, Selasa (19/8/2025).

Pelatihan berlangsung interaktif dengan metode simulasi, studi kasus, dan role playing. Cara ini membuat peserta lebih mudah memahami materi dan siap mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari. Widi, Manager of Treasury PT INALUM, menegaskan bahwa kunci utama pengelolaan usaha adalah pencatatan keuangan.

“Mencatat keuangan bukan soal pintar, melainkan soal disiplin. Dengan pencatatan rapi, kita tahu ke mana arah keuangan kita,” jelasnya.

 

Baca Juga: Pawai Obor INALUM 2025, 2000 Peserta Kobarkan Semangat Kemerdekaan Di Batubara

Selain itu, aspek pelayanan prima juga ditekankan dalam pelatihan ini. Goklas, I.C Community Development PT INALUM, menyampaikan bahwa pelayanan terbaik dapat dimulai dari kebiasaan sederhana.

“Penting bagi kita untuk membiasakan tiga kata ajaib, yaitu ‘tolong’, ‘maaf’, dan ‘terima kasih’,” katanya.

 

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Iin Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Gubsu : Bantuan Korban Bencana Harus Tepat Sasaran

Minggu, 21 Desember 2025 | 15:07 WIB
X