Realitasonline.id - Medan | Perumda Tirtanadi bergerak cepat dengan sigap mengatasi gangguan dan keluhan air pipa dan sistem distribusi ke lokasi yang terdampak kerusakan di Jalan Ronggur, Desa Pardomuan I, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.
"Perugas dan bersama Kepala PDAM Tirtanadi Cabang Samosir Adnin Ginting telah turun langsung ke lokasi serta memperbaiki gangguan air," kata Plt Dirut Tirtanadi Ewin Putra melalui Kepala Sekretaris Perusahaan Nurlin, Sabtu (8/2/2025).
Menurut Nurlin, lokasi kerusakan sudah diperbaiki dengan baik, dan gangguan seperti air keruh sudah diatasi. "Dan saya dikabari, air sudah mengalir kembali di beberapa titik," kata Nurlin.
Lebih jauh Nurlin mengatakan untuk itu Perumda Tirtanadi menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang telah membuat masyarakat terganggu dengan pelayanan air secara maksimal di Pangururan.
Nurlin mengakui, gangguan itu terjadi karena faktor yang tidak bisa dihindarkan, namun memastikan pihaknya akan secara kontinue melakukan perbaikan agar air mengalir dengan baik.
"Kemudian, kita juga menyadari debit air di Samosir belum sebanding dengan jumlah konsumen di kabupaten itu, sehingga kita berharap dengan berbagai kerja sama, defisit itu akan teratasi," katanya.
Perumda Tirtanadi telah melakukan kerja sama dengan Pemkab Samosir untuk mencari solusi dan langkah memperoleh pasokan air dari sejumlah sumber air di daerah itu. "Kita berharap nantinya dengan sumber air yang kini sedang diteliti, Samosir tidak lagi defisit air," ujarnya.
Menanggapi keluhan yang dialami warga di Samosir terkait pelayanan air, Nurlin mengatakan, pihaknya sudah merespon dengan baik.
"Ya kita sudah memberikan informasi sesuai aduan masyarakat, dan kita berharap persoalan (gangguan air) tidak lagi terjadi," ujarnya.