nusantara

Kementrian ATR/BPN Perkuat Sistem Layanan dan SDM Lewat Pagu 2026

Rabu, 17 September 2025 | 14:35 WIB
Wamen ATR/Waka BPN, Ossy Dermawan, saat hadiri RDP bersama Komisi II DPR RI yang digelar di Gedung Nusantara, Jakarta, Senin (15/9/2025).(Foto : Realitasonline / Ist)

Realitasonline.id - Jakarta | Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Ossy Dermawan, menyampaikan apresiasi atas dukungan Komisi II DPR RI terhadap kenaikan pagu anggaran Kementerian ATR/BPN tahun 2026.

Menurutnya, tambahan anggaran ini akan menjadi dorongan penting untuk menghadirkan pelayanan pertanahan yang lebih baik dan memberikan dampak nyata bagi masyarakat.

Hal ini disampaikan Wamen Ossy dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR RI yang digelar di Gedung Nusantara, Jakarta, Senin (15/9/2025).

Baca Juga: Sekjen ATR/BPN : Tren PNBP Terus Naik, Lampaui Target

Ossy menyampaikan dengan tambahan anggaran 2026, Kementerian ATR/BPN optimistis dapat memperkuat pelayanan pertanahan sekaligus mempercepat pencapaian target sertifikasi tanah nasional, yang menjadi fondasi penting dalam pembangunan ekonomi dan sosial di Indonesia.

“ Atas nama Kementerian ATR/BPN dan mewakili Bapak Menteri, kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan Bapak Pimpinan dan seluruh Anggota Komisi II terhadap kenaikan anggaran ini. Harapan kami, peningkatan ini dapat memberikan manfaat langsung yang dirasakan masyarakat, ” ujar Ossy Dermawan.

Ossy menjelaskan, 80% tugas dan fungsi Kementerian ATR/BPN berhubungan langsung dengan pelayanan publik, mulai dari sertifikasi tanah, penyelesaian konflik agraria, hingga tata ruang wilayah.

Baca Juga: Bangun Sinergi Pusat dan Daerah, Menteri ATR BPN Nusron Wahid Kunjungi Maluku Utara

Oleh karena itu, anggaran yang meningkat akan diprioritaskan untuk perbaikan sistem layanan dan penguatan sumber daya manusia (SDM).

“ Fokus pertama adalah penyederhanaan dan perbaikan business process di seluruh tingkat pelayanan, baik pusat maupun daerah. Saat ini, kami memiliki 527 satuan kerja (Satker) di seluruh Indonesia. Pelayanan harus semakin cepat dan mudah, tetapi tetap akurat karena produk yang dihasilkan memiliki kekuatan hukum. Cepat bukan berarti tidak teliti, ” tegasnya.

Sementara itu, pada aspek SDM, Kementerian ATR/BPN akan mengoptimalkan rotasi penugasan pegawai melalui program tour of duty dan tour of area.

Baca Juga: ATR BPN Tekankan 3 Pedoman Tata Kelola Anggaran

Langkah ini dilakukan agar pegawai memperoleh pengalaman yang lebih beragam dan tidak terjebak dalam zona nyaman.

“ Ini penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang merata di seluruh daerah, ” tambahnya.

Halaman:

Tags

Terkini

ATR/BPN Permudah Masyarakat Cek PPAT Digital

Jumat, 19 Desember 2025 | 19:17 WIB