Realitasonline.id - Karo | Kementerian BUMN menggelar Workshop Komunikasi AI pada Rabu dan Kamis (13–14/8/ 2025) di Mikie Resort Hotel, Berastagi, Karo, Sumatera Utara.
Kegiatan ini diikuti 94 peserta yang terdiri atas praktisi komunikasi perusahaan, _ambassador_ internal BUMN, dan pimpinan wilayah, dengan dukungan Pertamina, BNI, Pelindo, PIHC, Pos Indonesia, Kawasan Industri Medan (KIM), dan Taspen.
Workshop ini bertujuan memperkuat peran komunikasi korporasi melalui pemanfaatan Artificial Intelligence (AI), sehingga BUMN mampu menyampaikan pesan dan informasi publik secara lebih efektif, cepat, dan tepat sasaran.
Baca Juga: Tingkatkan Profesionalisme, ASN di Kanwil BPN Sumut Ikuti Uji Kompetensi Penata Kadastral
Dengan strategi komunikasi yang lebih canggih, program-program BUMN dapat dipahami dengan lebih jelas oleh masyarakat, serta memperkuat persepsi positif terhadap kontribusi BUMN di berbagai sektor.
Putri Violla, Juru Bicara Kementerian BUMN, menekankan bahwa komunikasi yang baik adalah jembatan antara program BUMN dan masyarakat penerima manfaat.
“Karyawan BUMN adalah wajah perusahaan di mata publik. Dengan penguasaan teknologi komunikasi terbaru, mereka bisa menjadi agen perubahan yang menyampaikan informasi dengan akurat dan membangun kepercayaan publik,” ujarnya.
Baca Juga: Kasdam I/BB Saksikan Prosesi Penurunan Bendera HUT ke-80 RI di Astaka
Pelatihan teknis penggunaan AI untuk produksi konten dibawakan oleh Tommy Teja (CEO Zando Agency & Co-Founder AICO Community), mencakup pemanfaatan AI untuk ide kreatif, pembuatan visual, hingga penulisan naskah.
Agung Kurniawan (Chief of Campaign BUMN Hijau) turut membekali peserta dengan wawasan komunikasi terkait green economy, blue economy, dan keberlanjutan (sustainability).