Kementerian BUMN Pacu Transformasi Komunikasi Lewat AI untuk Dampak Lebih Luas ke Masyarakat

photo author
- Senin, 18 Agustus 2025 | 21:10 WIB
Workshop ini bertujuan memperkuat peran komunikasi korporasi melalui pemanfaatan Artificial Intelligence (AI), sehingga BUMN mampu menyampaikan pesan dan informasi publik secara lebih efektif, cepat, dan tepat sasaran.
Workshop ini bertujuan memperkuat peran komunikasi korporasi melalui pemanfaatan Artificial Intelligence (AI), sehingga BUMN mampu menyampaikan pesan dan informasi publik secara lebih efektif, cepat, dan tepat sasaran.

Realitasonline.id - Karo | Kementerian BUMN menggelar Workshop Komunikasi AI pada Rabu dan Kamis (13–14/8/ 2025) di Mikie Resort Hotel, Berastagi, Karo, Sumatera Utara.

Kegiatan ini diikuti 94 peserta yang terdiri atas praktisi komunikasi perusahaan, _ambassador_ internal BUMN, dan pimpinan wilayah, dengan dukungan Pertamina, BNI, Pelindo, PIHC, Pos Indonesia, Kawasan Industri Medan (KIM), dan Taspen.

Workshop ini bertujuan memperkuat peran komunikasi korporasi melalui pemanfaatan Artificial Intelligence (AI), sehingga BUMN mampu menyampaikan pesan dan informasi publik secara lebih efektif, cepat, dan tepat sasaran.

 

Baca Juga: Tingkatkan Profesionalisme, ASN di Kanwil BPN Sumut Ikuti Uji Kompetensi Penata Kadastral

 

Dengan strategi komunikasi yang lebih canggih, program-program BUMN dapat dipahami dengan lebih jelas oleh masyarakat, serta memperkuat persepsi positif terhadap kontribusi BUMN di berbagai sektor.

Putri Violla, Juru Bicara Kementerian BUMN, menekankan bahwa komunikasi yang baik adalah jembatan antara program BUMN dan masyarakat penerima manfaat.

 

“Karyawan BUMN adalah wajah perusahaan di mata publik. Dengan penguasaan teknologi komunikasi terbaru, mereka bisa menjadi agen perubahan yang menyampaikan informasi dengan akurat dan membangun kepercayaan publik,” ujarnya.

 

Baca Juga: Kasdam I/BB Saksikan Prosesi Penurunan Bendera HUT ke-80 RI di Astaka

Pelatihan teknis penggunaan AI untuk produksi konten dibawakan oleh Tommy Teja (CEO Zando Agency & Co-Founder AICO Community), mencakup pemanfaatan AI untuk ide kreatif, pembuatan visual, hingga penulisan naskah.

Agung Kurniawan (Chief of Campaign BUMN Hijau) turut membekali peserta dengan wawasan komunikasi terkait green economy, blue economy, dan keberlanjutan (sustainability).

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Iin Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Gubsu : Bantuan Korban Bencana Harus Tepat Sasaran

Minggu, 21 Desember 2025 | 15:07 WIB
X