PT Angkasa Pura Indonesia Bekali Pelaku Wisata dengan Injourney Hospitaly House

photo author
- Minggu, 12 Oktober 2025 | 20:51 WIB
Pelatihan penguatan pelaku wisata oleh PT API di Humbahas  (Realitasonline.id/tansir)
Pelatihan penguatan pelaku wisata oleh PT API di Humbahas (Realitasonline.id/tansir)

Realitasonline.id - Humbahas | PT Angkasa Pura Indonesia (API) melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan pada wilayah kerjanya, gelar Injourney Hospitality House guna penguatan peningkatan kualitas pelayanan dan pengelolaan usaha, kepariwisataan.

Kegiatan pelatihan yang mengangkat tagline Hospitality House, menghadirkan keramahtamahan khas indonesia untuk dunia itu berlangsung tiga hari dari 8-10 Oktober 2025 di aula Huta Mas kompleks Perkantoran Tano Tubu, Dolok Sanggul, Humahas dengan peserta 60 pelaku pendukung wisata seperti kelompok sadar wisata, fotograper serta pegiat kuliner.

Plt kadis Pariwisata dan Olah raga Dina VWO Simamora melalui Kabid Pariwisata dan budaya Tommy Sigalingging, Jumat (10/10/2025), mengatakan pada pelatihan Injourney Hospitality House, banyak hal yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pelayanan dan pengelolaan usaha didalami.

Baca Juga: Serba Serbi InJourney Aviation Services yang Ikut Sukseskan Aquabike Championship 2025 hingga Layanan Kelas Dunia

“Hospitality mindset, yaitu bagaimana bersikap ramah, sopan, dan profesional kepada pelanggan. Pelayanan prima (service excellence), termasuk cara menyambut tamu, melayani dengan cepat, dan menjaga kepuasan pelanggan,” katanya.

Disamping itu, Kebersihan dan sanitasi, baik di dapur maupun area pelayanan, guna memastikan produk kuliner aman dan higienis. Kemudian, manajemen usaha dan keuangan sederhana, agar usaha kuliner lebih tertata dan efisien. Food presentation dan product quality, yaitu cara menyajikan makanan agar menarik dan tetap mempertahankan cita rasa.

“Digital marketing dan branding, tentang bagaimana mempromosikan usaha secara online dan membangun citra positif bisnis. Pengelolaan SDM dan teamwork, supaya tim kerja lebih kompak dan memiliki standar pelayanan yang sama,” jelasnya.

Baca Juga: Pesawat Saudia SV-5726 Dinyatakan Aman, InJourney Airports Tutup Emergency Operation Center di KNIA dan Bandara Soetta

Martogi Purba Asisten Ekonomi dan Pembangunan, mengatakan sektor pariwisata diharap bisa memberikan kontribusi yang baik untuk kedepannya. Dengan pelatihan ini, wisatawan bisa bertahan dan menginap di Humbahas tidak sekedar datang, lihat dan pulang.

" Jasa pelayanan harus memberikan rasa nyaman. Ilmu yang didapat diharapkan dapat diterapkan pada masa berikutnya. Semoga sektor pariwisata Humbahas kedepannya semakin maju,” harapnya.

Baca Juga: InJourney Sambut Dengan Ulos, Tim Aquabike Jetski World Championship Tiba di Bandara Raja Sisingamangaraja XII Silangit

Pjs GM Bandara Sisingamangaraja XII Taput Ahmad Dedy mengatakan, kegiatan pelatihan penguatan sektor pariwisata diharapkan bisa berkelanjutan.
“Kami yakin kegiatan berikutnya bisa lebih baik lagi dengan peserta yang lebih banyak lagi,” pungkasnya.(TAN)



Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Mery Ismail

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Gubsu : Bantuan Korban Bencana Harus Tepat Sasaran

Minggu, 21 Desember 2025 | 15:07 WIB
X