Realitasonline.id - Padangsidimpuan | Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Padangsidimpuan terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan yang responsif dan transparan kepada masyarakat.
Hal itu terlihat saat salah seorang pemohon menyampaikan pengaduan secara langsung terkait permasalahan pertanahan yang sedang diurus di wilayah Kota Padangsidimpuan, bertempat di ruang mediadi Kantah Padangsidimpuan, di komplek perkantoran Pijorkoling, Kota Padangsidimpuan, Selasa (22/4/2025)
Pengaduan pemohon diterima langsung oleh Kepala Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran, Khairul Hasan Lubis, S.SiT, yang dengan sigap mencatat laporan dan memberikan penjelasan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
Baca Juga: Optimalisasi Kinerja, Kantah Padangsidimpuan Rapat Evaluasi Terpadu
Dalam aduannya, pemohon menyampaikan keberatan terhadap status atau proses administrasi tanah yang menjadi objek permohonan hak atas tanah
Menanggapi hal tersebut, Khairul Hasan Lubis menegaskan, setiap laporan atau pengaduan dari masyarakat akan diproses secara objektif dan profesional.
“ Semua dokumen yang telah disampaikan akan diverifikasi secara administratif. Kami pastikan bahwa penanganan dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, ” jelasnya.
Baca Juga: Kantah Padangsidimpuan Dukung Komitmen BPN Sumut Tingkatkan Kualitas Konten Website Publik
Ia menyampaikan, dengan langkah tindak lanjut ini, diharapkan permasalahan yang dihadapi pemohon dapat diselesaikan secara administratif dalam waktu yang wajar.
" Hal ini sejalan dengan upaya Kantah Kota Padangsidimpuan dalam menjamin kepastian hukum serta perlindungan hak atas tanah bagi seluruh masyarakat, " terang Khairul.
Terpisah, Kepala Kantah Kota Padangsidimpuan Dahniel Sepdiares Sagala, mengatakan, sebagai institusi yang bertugas memberikan pelayanan pertanahan kepada masyarakat, kami di Kantah Kota Padangsidimpuan berkomitmen untuk selalu menanggapi setiap laporan atau pengaduan dengan cepat, profesional dan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
Baca Juga: Kepala Kantah Padangsidimpuan Tekankan Realisasi Target dan Tingkatkan Pelayanan kepada Masyarakat
Dikatakannya, setiap pengaduan dari masyarakat adalah bagian penting dalam proses perbaikan layanan kami, dan kami pastikan setiap aduan akan ditindaklanjuti secara objektif dan transparan.
" Kami mengajak seluruh masyarakat untuk tidak ragu menyampaikan masukan ataupun keberatan, demi terciptanya pelayanan pertanahan yang bersih, akuntabel dan berpihak pada kepentingan rakyat, " ujar Dahniel (RI)